Sedikit tips
untuk Belajar Menghadapi Ujian
Pernah gak sih lo ngerasa kesel banget waktu ujian karena mungkin lo udah ngafalin
mati-matian materi yang akan diujikan, tapi masih aja ada hal yang lo kelupaan.
Atau yang paling nyebelin tuh justru soal yang keluar adalah hal yang justru
kebetulan satu-satunya yang lo lupa? Nah, kalo itu sering kejadian sama lo,
artinya lo gak menyimpan informasi yang lo serap waktu belajar sebagai long term memory
Yup ! Kita juga ngerti kok kalo kemampuan otak
manusia itu memang salah satunya untuk recall
memory. Tapi yang selalu kita permasalahkan adalah.. banyak
siswa yang HANYA mengandalkan sebagian kecil kemampuan otaknya (recalling memory) untuk selalu
jadi senjata utama dalam setiap kali menghadapi ujian.
Sebenernya kebiasaan menghafal ini sedikit
banyak dipengaruhi juga sama jeleknya kualitas soal ujian di Indonesia yang
seringkali hanya menguji kemampuan recalling
memory aja. Sehingga lo secara gak sadar jadi terbiasa harus menghafal
untuk bisa survive dalam ujian.
Kan konyol kalo kita udah ngerti konsepnya tapi lupa nama atau gimana cara
penulisan satu istilah baru yang masih asing.
Misalnya nih lo lagi belajar organ otak di pelajaran
Biologi, terus lo harus tau bahwa nama bagian otak ada : frontal lobe, parietal
lobe, occipital lobe, dan temporal lobe..
Terus lo ngafalinnya dengan cara mengucapkan secara
berulang “frontal lobe-parietal
lobe-occipital lobe-temporal lobe... frontal lobe-parental? eh parietal
lobe-ohsipit? uh.. occipit? lobe... frontal lobe (berbusa)...”.
Nah terus ujung-ujungnya lo ngabisin waktu berjam-jam cuma buat ngafalin
istilah begituan tanpa ngerti apalagi menikmati proses belajar itu sendiri.
Emang sih, bisa jadi lo survive dalam ulangan atau ujian hanya dengan lo
mati-matian menghafal materi yang diujikan.. TAPI dengan begitu lo gak belajar
esensi yang sesungguhnya dari pelajaran tersebut. Sementara temen-temen lo yang
lain semakin terasah otaknya untuk daya analisa, logika, kemampuan verbal,
abstraksi, dll.. sedangkan lo yang terasah cuma kemampuan ngehafal alias
cuma recalling memory
doang.
Terus masa jadi gak boleh menghafal sama sekali?
Jawabannya, bukan boleh atau gak boleh, tapi justru (seharusnya sih) gak perlu.
Kok bisa gak perlu? Gini, kalo lo bisa memahami bagaimana cara otak kamu
bekerja dalam menyerap informasi.. Kemampuan recalling memory lo akan dengan otomatis bekerja tanpa
perlu lo usaha mati-matian menghafal sampe berbusa begitu.
Berdasarkan buku
Educational Psychology: Developing Learners (5th edition) yang ditulis
oleh Jeanne Ellis Ormrod. Proses perekaman ingatan di kepala lo terjadi dalam
tiga tahap.
- Pertama, info yang ada di luar tubuh kamu dirasakan oleh indra kamu, misalnya, pelajaran yang diterangkan guru dilihat oleh mata dan didengarkan oleh telinga.
- Kedua, jika kamu memerhatikan informasi itu, maka info masuk ke short-term memory alias ingatan jangka pendek.
- Ketiga, jika ingatan ini diproses lagi secara mendalam, maka infonya disimpan secara lebih permanen di long-term memory.
Nah sekarang hubungannya sama UAS nanti: Gimana sih
caranya supaya materi pelajaran yang lo pelajari itu masuk di long-term memory kamu, bukan di short-term memory doang. Nah first of
all...
Lo harus
melihat proses belajar itu sebagai sesuatu yang lo nikmati.
Kalo buat lo belajar itu adalah keterpaksaan dan jadi
beban.. mau pake teknik dewa ato pergi ke dukun mana pun lo gak akan bisa
masukin materi pelajaran itu ke long-term
memory lo.
Gua pribadi nih, udah lama banget meninggalkan bangku
sekolah.. tapi sampe sekarang gua masih cukup ingat lah sebagian besar
kronologi sejarah Indonesia. Gua masih ingat juga tentang konsep cara kerja
tubuh manusia sebagai sistem yang terintegrasi, atau kenapa kebijakan ekonomi
mempengaruhi kondisi pasar, dlsb.. Padahal itu semua gua pelajari kira-kira
udah 10 tahun yang lalu lho. (Iyee emang gua udah tua, nanti lu juga tua kok!)
Tapi apa itu semua gua hafalin? Apa gua super jenius?
Sama sekali enggak.. Itu semua gua ingat simply
karena gua menikmati proses belajar tersebut. Kira-kira prosesnya sama dengan
proses gua inget sebagian besar nama-nama hero, item, dan skill di game DOTA.
Inilah kenapa lo mungkin bingung kok susah banget
ngafalin tahun yang sebenernya cuma 4 digit doank tapi nomer hape kecengan yang
11 digit bisa lo hafalin cuma sekali lirik, hehehe..
Nah kalo masalahnya emang lo gak suka atau bahkan
benci sama pelajaran tersebut... Ini masalah yang baru dan supaya bahasan
tulisan ini gak meluas, mungkin akan gua tulis artikelnya lain waktu. Tapi
salah satu tulisan wisnu tentang apa sih yang bisa bikin kita termotivasi bisa
jadi bacaan yang paling tepat untuk bantu lo sekarang yang bingung kenapa kamu
gak termotivasi belajar mata pelajaran tertentu.
Nah lanjut, hal kedua yang perlu kamu lakukan
adalah...
BUAT
MIND-MAP!
Makhluk apaan lagi nih mind-map? Nih daripada ribet
gua kasih contoh mind-mapping yang dibuat Pras pas ngajar Biologi
Sering banget nih, siswa belajar cuma dengan baca buku
cetak dan catetan yang ditulis waktu guru nerangin doank.. Termasuk gua juga
dulu sempet belajar dengan cara kayak gitu.. dan emang waktu baca dari buku cetak
dan catetan sih gua manggut-manggut aja rasanya kayak udah ngerti, tapi begitu
dapet soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang mendalam... DUAR
! Gua bingung harus jawab dari mana.
Ya iyalah, kalo kita cuma menyerap informasi dari
catetan doank, kita gak akan ngerti konsep materinya secara komprehensif
(menyeluruh). Dengan kita bikin mind-mapping / ringkasan / rangkuman, atau
apapun sebutannya... kita tanpa sadar udah masuk ke dalam proses belajar dari
proses meng-organize informasi
atau data yang lo dapetin secara acak untuk kemudian diterjemahkan berdasarkan
kategori tertentu.
Apalagi kalo lo bisa sedikit kreatif
dengan membubuhkan banyak gambar visual, diagram, tabel, dan dikategorisasi
dengan warna-warni yang berlainan.. Selain lo melatih kemampuan abstraksi dan
permodelan dalam otak lo, secara gak sadar lo juga membantu otak lo untuk bisa
mencerna informasi tersebut dengan lebih mudah.
Tambahan lagi. Ada research nih yang bilang kalau anak-anak yang suka ngajarin
temen-temennya itu bisa lebih ngerti sama konsep yang disampein dibanding yang
nggak ngajar. Nah, bikin mind-mapping ini sebenernya mirip dengan lo berusaha
ngajarin, tapi ke diri lo sendiri. Ada research
juga yang nunjukin bahwa self-explaining
ini dampaknya mirip dengan ngajarin temen.
Jadi kalau lo abis nonton video teori di zenius.net
nih misalnya, lo cobain aja bikin mind-map konsep-konsep yang baru lo
pelajarin. Nonton pembahasan soal di zenius.net juga gitu. Abis nonton, coba
kerjain ulang soalnya, dan bikin mind-map untuk konsep-konsep yang dipake di
soal itu.
Kemudian salah satu tips lain agar lo bisa lebih mudah
mengingat sekaligus menikmati belajar adalah dengan...
Visualisasikan
Materi Ajar itu Dalam Otak Lo..
Sebenernya gak cuma sejarah doank yang bisa
menggunakan cara ini, tapi hampir semua mata pelajaran yang bersifat konkrit
itu sebenarnya bisa lo permudah cara belajarnya dengan secara visualisasi
materi pelajaran tersebut di otak lo. Emang sih ada beberapa pelajaran yang
bersifat abstrak yang gak mungkin lo visualisasikan seperti matematika dan
bahasa. Tapi untuk pelajaran seperti sejarah, geografi, fisika, biologi
(apalagi bab reproduksi, hehe.. ) bisa banget lo bayangkan secara visual dalam
otak lo.
Nah maksud gua visualisasikan itu bukan pake jembatan
keledai atau semacamnya yah.. itu sih solusi jangka pendek doank yang gua jamin
pasti cuma masuk ke short-term memory
yang langsung "bubar" begitu lo keluar dari ruangan ujian.
Yang gua maksud visualisasikan adalah dengan lo
membayangkan contoh nyata yang bisa relate
secara konkrit dengan materi yang lo pelajari. Kalo misalnya lo lagi belajar
tentang Sejarah Politik di Amerika, ya lo coba visualisasikan peristiwa sejarah
tersebut (misalnya peristiwa Boston Tea Party) kayak film hollywood atau (kalo
buat lo yang suka maen game) kayak salah satu mission di Game Assassin's Creed 3. Hal yang sama juga
bisa lo terapkan kalo lo lagi belajar gimana proses cara kerja jantung atau apa
dampak kebijakan moneter bagi keadaan ekonomi di sebuah negara.
* * *
Okay, itu sedikit tips dari gua yang bisa gua bagikan,
moga-moga bisa bantu lo untuk bisa menikmati proses belajar sekaligus
memanfaatkan cara kerja otak lo dengan lebih efektif untuk bisa mendapatkan
esensi dari pelajaran itu.
So... untuk UAS kali ini, lo nikmatin deh proses
belajarnya. Stress sedikit nggak apa-apa; asalkan lo gunain stress itu untuk mendorong
lo belajar lebih giat lagi, bukan cuma stress mikirin tapi nggak ada action
apa-apa.
Terus satu lagi. Bisa jadi nih ya... nilai ujian lo
besok nggak berdampak signifikan dalam hidup lo (lo nggak akan ditanya sama
perusahaan yang wawancara lo "Berapa nilai UAS lo waktu SMA"
misalnya). Tapi gue jamin, proses belajar yang lo laluin hari ini,
besok, dan kedepannya akan sangat bermanfaat dalam hidup lo... bahkan sampe
kelak lo tutup mata. Okei Boss?
reference : zenius multimedia learning
reference : zenius multimedia learning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar